INOVASI PIO (PELAYANAN INFORMASI
OBAT)
PUSKESMAS MEGAMENDUNG
Pelayanan
Kefarmasian di Puskesmas merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari
pelaksanaan upaya kesehatan, yang berperan penting dalam meningkatkan mutu
pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas harus
mendukung tiga fungsi pokok Puskesmas, yaitu sebagai pusat penggerak
pembangunan berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan masyarakat, dan pusat
pelayanan kesehatan strata pertama yang meliputi pelayanan kesehatan perorangan
dan pelayanan kesehatan masyarakat.
Pelayanan
kefarmasian di puskesmas berperan penting dalam pelaksanaan upaya kesehatan
bagi masyarakat, yaitu dengan pelaksanaan pemberian informasi obat. Untuk
mendukung penggunaan obat di wilayah kerja terutama dalam administrasi
pencatatan, pelaporan persediaan dan penggunaan obat, maka Puskesmas
Megamendung menciptakan sistem informasi yang baik yaitu dengan inovasi PIO
(pelayanan informasi obat).
Pemantauan
dan evaluasi kegiatan inovasi PIO (Pelayanan Informasi Obat) meliputi :
a.
Pengkajian resep,
penyerahan obat, dan pemberian informasi obat
b.
Pelayanan
Informasi Obat (PIO)
c.
Konseling
d.
Ronde/visite
pasien (khusus puskesmas rawat inap)
e.
Pemantauan dan
pelaporan efek samping obat
f.
Pemantauan terapi
obat
g.
Evaluasi
penggunaan obat
Dengan adanya inovasi PIO
(Pelayanan Informasi Obat), pengelola obat dapat bekerja secara sistematis,
efektif, efisien, sesuai SOP dan mengacu pada pedoman yang ditentukan.
Pelaksanaan SOP sesuai standar akreditasi akan mendukung upaya peningkatan mutu
pelayanan klinis dan keselamatan pasien.