PENGGUNAAN IT PIO


INOVASI PIO (PELAYANAN INFORMASI OBAT)

PUSKESMAS MEGAMENDUNG


Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan, yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas harus mendukung tiga fungsi pokok Puskesmas, yaitu sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan masyarakat, dan pusat pelayanan kesehatan strata pertama yang meliputi pelayanan kesehatan perorangan dan pelayanan kesehatan masyarakat.

Pelayanan kefarmasian di puskesmas berperan penting dalam pelaksanaan upaya kesehatan bagi masyarakat, yaitu dengan pelaksanaan pemberian informasi obat. Untuk mendukung penggunaan obat di wilayah kerja terutama dalam administrasi pencatatan, pelaporan persediaan dan penggunaan obat, maka Puskesmas Megamendung menciptakan sistem informasi yang baik yaitu dengan inovasi PIO (pelayanan informasi obat).

Pemantauan dan evaluasi kegiatan inovasi PIO (Pelayanan Informasi Obat) meliputi :

a.       Pengkajian resep, penyerahan obat, dan pemberian informasi obat

b.      Pelayanan Informasi Obat (PIO)

c.       Konseling

d.      Ronde/visite pasien (khusus puskesmas rawat inap)

e.       Pemantauan dan pelaporan efek samping obat

f.        Pemantauan terapi obat

g.      Evaluasi penggunaan obat

 

Dengan adanya inovasi PIO (Pelayanan Informasi Obat), pengelola obat dapat bekerja secara sistematis, efektif, efisien, sesuai SOP dan mengacu pada pedoman yang ditentukan. Pelaksanaan SOP sesuai standar akreditasi akan mendukung upaya peningkatan mutu pelayanan klinis dan keselamatan pasien.